Monday, March 6, 2017

Cara Membuat Bootable Flashdisk Tanpa Aplikasi



Sekarang ini, Menginstall Laptop/PC menggunakan Flashdisk merupakan pilihan utama di kalangan kita. Maka dari itu kebanyakan dari kita umumnya menggunakan aplikasi tambahan untuk membuat bootable flashdisk tersebut. Namun apa jadinya jika kita tidak dibekali dengan software tambahan?? kemungkinan kita tidak akan bisa membuat bootable tersebut.. Tapi tenang..... Kali ini saya akan memberikan Tips tentang bagaimana cara membuat Bootable flashdisk tanpa Software....


1.  Pertama-tama siapkan terlebih dahulu USB Flashdisk yang akan digunakan beserta file  ISO    installer Windows. Setelah itu tancapkan flashdisk di PC, dan setelah terdeteksi buka Run (Win + R) maka akan mucul kota dialog RUN seperti gambar di bawah. 



2.  Kemudian ketik CMD lalu ENTER. Maka akan muncul seperti gambar di bawah ini.


Namun sebelum kita mengetikkan kode dalam kotak dialog CMD maka terlebih dahulu kita Mount file ISO Windows ke Drive G: caranya seperti berikut.
·         Buka lokasi File ISO Windows anda
·         Klik kanan File ISO tersebut lalu pilih PowerIso kemudian Mount Image to Drive [G:]


3.  Setelah file iso di mount, maka untuk memastikan apakah sudah berhasil, kita tinggal buka saja Drive G: tersebut, jika sudah berhasil, maka akan berisi file2 seperti gambar berikut. 


4.  Buka kembali cmd lalu ketikkan kode xcopy g:\*.* /s/e/d/f f:\ maksud dari kode tersebut yaitu untuk mencopy file dari Drive G: ke Flashdisk F:

Maka setelah itu otamatis akan mencopy file yang ada di Drive G: ke Flashdisk yang akan kita jadikan Bootable nantinya.
5.  Setelah proses pencopyannya sampai maka akan tertulis jumlah angka yang sudah di copy contohnya seperti tulisan 788 <s> copied seperti gambar berikut.


6.  Maka USB flashdisk pun siap kita pakai untuk Menginstall.


Sekian tutorial dari saya, Semoga bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan.....







0 comments:

Post a Comment